1. 1. Jelaskan mengapa
disebut dengan “Bahasa Pemrograman”?
Karena bahasanya akan
diterjemahkan kedalam computer menjadi kumpulan perintah dasar juga untuk
mengekspresikan instruksi. Oleh arena itu disebut dengan Bahasa Pemrograman.
(Badi Almunia-2009) http://troublesome-funnyboys.blogspot.com/2009/02/bahasa-pemrograman.html
2. 2. Sebut dan Jelaskan berbagai macam bahasa pemrograman!
Macam macam bahasa
pemrograman
Bahasa Pemrograman dibedakan menjadi 4:
1) Bahasa mesinBahasa mesin termasuk ke dalam bahasa tingkat
rendah (low level language) karena sifat dari bahasa mesin
lebih berorientasi pada mesin. Bahasa ini hanya akan dipahami oleh komputer itu
sendiri. Bahasa ini berupa kode-kode yang terdiri dari sekumpulan angka.2) Bahasa assemblyBahasa asembly adalah bahasa pemrograman yang
menggunakan bahasa rakitan. Bahasa assembly kebanyakan digunakan untuk
pengendalian hardware yang diwujudkan dalam kependekan kata-kata sebagai
pengganti kode-kode biner. Bahasa tingkat tinggi memiliki arti bahwa bahasa ini lebih mudah dimengerti oleh banyak orang karena memang dirancang untuk orang yang awam.
1. Harus disimpan berekstensi *.java
2. Nama file harus sama dengan nama class public, misalnya nama filenya myHello.java, maka nama class public juga harus myHello
Contoh:
public class myHello {
//harus sama dengan nama file (myHello.java)
}
3. Comment sebaiknya sebaiknya ditulis untuk menjelaskan sebuah class atau method. Comment ditulis untuk tujuan dokumentasi.
Contoh:
public static void main(String[]args){
//untuk menampilkan kata myfirs java
System.out.println(“Hello this is my first java”);
}
4. Java statement adalah suatu baris yang diakhiri dengan titik koma.
Contoh:
System.out.println(“Hello this is my first java”);
5. Block adalah satu atau beberapa statement yang berada diantara tanda kurung kurawal { dan diakhiri dengan kurung kurawal }.
Contoh:
public static void main(String[]args){
System.out.println(“Hello this is my first java”);
System.out.println(“Java is very good”);
}
3) Bahasa tingkat tinggi (high level languange)
4) Bahasa pemrograman generasi keempat
Dikembangkan dari keluarga besar bahasa
tingkat tinggi untuk memudahkan pemrograman. (Muhammad anam 2013) http://12650076-si.blogspot.com/2013/03/macam-macam-bahasa-pemrograman.html
3. 3. Jelaskan
secara jelas sejarah perkembangan bahasa pemrograman (Minimal 1 halaman)
Bahasa
pemrograman mulai berkembang sejak 1940. Sebelum itu pada tahun 1822 hidup
seorang yang bernama Charles Babbage. Ketika dia bersekolah di Universitas
Chambridge, dia melihat pada saat itu banyak terdapat berbagai macam
perhitungan. Akan tetapi masih saja terjadi musibah seperti kapal tenggelam.
Dari kasus ini dia mengira bahwa penyebabnya adalah keterbatasannya manusia
dalam mengiplementasikan table perhitungan. Jadi dia menggunakan mesin yang
diberi nama “Different Engine”, yang hanya memiliki satu tuajan yang artinya
hanya bias mengeluarkan satu output sehingga dia membuat mesin lain yang
bersifat multi-purpose dan diberi nama “Analytical Engine”. Dia terus
mengembangkan mesinnya sampai dia meningggal. Dan diteruskan oleh anaknya. Pada
tahun 1854 Charles Boole mampu menciptakan system logika simbolikyang disebut
dengan Logika Boole. Pada tahun 1890 negara Amerika Serikat kesulitan dalam
menyensus penduduk dikarenakan terlalu banyak jadi untuk mengatasi itu diadakan
kompetisi yang dimenangkan oleh Herwan Hollerith dan akhirnya didirikan sebuah
perusahaan. Pada tahun 1925 MIT berkembangakn menjadi mesin yang mampu pada
tahun 1958, FORTAN II dan ALGOL dipublikasikan bersamaan dengan diluncurkan
LISP. Pada tahun 1959 bahasa pemrograman COBOL diluncurkan. Sejak saat itu
perkembangan bahasa pemrograman sangat cepat. Pada tahun 1970 ahasa PASCAL
mulai dipublikasikan dan saat ini masih banyak digunakan untuk keperluan
pendidikan. Pada tahun 1970 muncul dua bahasa pemrograman yang dapat dikatan
sangat penting yaitu SMALL TALK dan B-Languange. SMALL TALK penting karena
merupakan bahasa pemrograman berbasis obyek yang pertama. Sedangkan B-Languange
dikatan penting karena merupakan cikal bakal munculnya bahasa C. dengan bahasa
C, pemrograman akan lebih mudah, efisien dan fleksibel. Pada tahun 1975 Dr.
Wong Merilis bahasa pemrograman hasil ciptaannya yaitu TinyBasic. Sedangakn
pada saat yang sama Bill Gates dan Paul Allen membuat bahasa pemrograman yang
diberi nama BASIC. Perkembangan bahasa pemrograman ini terus bergerak demikian
pesat hingga saat ini, ditandai dengan semakin banyak bahasa pemrograman yang
bermunculan. (Adrian-2009)
4. 4. Jelaskan
apa itu algoritma?
Algoritma
adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara
sistematis dan logis. (Sriyanto, ST. MT 2013)
5
5.
5.Struktur algoritma
Runtunan
(sequence process)
Terdiri
dari satu atau lebih pernyataan
Tiap
pernyataan dikerjakan secara berurutan sesuai dg urutan penulisannya
(sebuah
instruksi dilaksanakan setelah instruksi sebelumnya selesai dilaksanakan
Pemilihan (selection
process)
Sebuah
aksi dikerjakan jika kondisi tertentu dipenuhi (True) dan apabila suatu kondisi tidak terpenuhi (false) maka
program akan melakukan aksi lain (jika ada) atau langsung keluar dari blok
pemilihan.
Pengulangan (Repetition
Process)
Kelebihan komputer dibanding manusia adalah kemampuan
untuk melaksanakan perintah berulangkali tanpa mengenal lelah dan bosan
6. 6.Sebut
dan jelaskan fungsi dari algoritma?
Fungsi
Untuk membantu seseorang dalam menyelesaikan suatu masalah berdasarkan
pada pola pikirnya masing-masing. (Den Wahyu 2011)
http://nirvana-net.blogspot.com/2011/12/manfaat-sifat-dan-ciri-algoritma.html
7. 7 Sebut
dan jelaskan metode untuk mendeskripsikan algoritma?
Penulisan
algoritma
-Dalam
Bahasa Natural (Bahasa Indonesia, Inggris, dan Bahasa manusia Lainnya)
Tapi
terkadang membingungkan (Ambigoe)
-Menggunakan Flowchart (Diagram Alir)
Bagus
secara visual tapi repot jika algoritmanya panjang
-Menggunakan
Pseudocode (Kode Semu)
Sudah
lebih dekat ke pemroraman, namun sulit di mengerti bagi orang yang tidak tahu
pemrograman (Sriyanto, ST. MT 2013)
8. 8. Jelaskan
yang dimaksud flowchart?
Flow
chart adalah suatu bagan/diagram yang menggambarkan aliran proses yang
dikerjakan suatu program dari awal sampai akhir (Sriyanto, ST. MT 2013)
99. Sebutkan
dan jelaskan simbol-simbol flowchart? (Sriyanto, ST. MT 2013)
110. Jelaskan
apa yang dimaksud pseudocode?
Pseudocode
berisi langkah-langkah penyelesaian masalah yang ditulis dengan kode-kode dalam
bahasa yang mudah dipahami. Bisa bahasa Inggris / bahasa Indonesia. Tidak ada
notasi baku tapi sebaiknya berkorespondensi dengan bahasa pemrograman umum,
supaya mudah ditranslasikan ke dalam bahasa pemrograman (sehingga disebut
pseudo code ). (Sriyanto, ST. MT 2013)
(E. Rizal 2012)
111. Tuliskan
algoritma program sederhana yang bertujuan untuk menghitung konversi 1 tahun 2
bulan 2 jam 30 menit 30 detik kedalam satuan detik
a. Menggunakan
deskripsi
b. Menggunakan
flowchart
c. Menggunakan
pseudocode
112. Ada
sebuah program penjualan beberapa barang beserta harganya. Kemudian user hanya
ingin memasukkan jumlah barang yang dipesannya dan muncul jumlah total harga
yang harus dibayar. Akan tetapi jumlah barang yang akan ddimasukkan hanya
bilangan bulat dan lebih dari 0. Apabila bilangan 0 dan bilangan buka bulat
dimasukkan, maka akan muncul peringatan. Buatkan flowchart dari program
tersebut?
113. Jelaskan perbedaan dari wrie, writeln, read dan readln!
WRITE
Perintah write digunakan untuk menuliskan output, dengan
posisi cursor – penunjuk aktif, terletak pada akhir output
yang ditampilkan pada baris yang sama.Write tidak menambahkan CR setelah
menampilkan data semua argument. Write menampilkan hasil tanpa ganti baris dan
tampilan berikutnya akan disambung dalam baris yang sama.
WRITELN
Perintah writeln digunakan untuk menuliskan output, dengan
posisi cursor– penunjuk aktif, terletak pada awal baris berikutnya. Writeln menambahkan CR
setelah menampilkan data semua argument. Writeln digunakan untuk menampilkan
tampilan perbaris, akan ganti baris untuk tampilan berikutnya.Argumen perintah writeln
boleh berupa ekspresi. Contoh perintah penyajian writeln('Luas = ', luasPSP);
bisa dikerjakan dengan perintah: writeln('Luas = ', panjangPSP * lebarPSP);
READ
Perintah read digunakan untuk menerima input, dengan
posisi cursor – penunjuk aktif, setelah diberi input pada
baris berikutnya. Read tidak membaca end of line marker. Pernyataan ini tidak
akan membuang kelebihan data. Kelebihan data akan diberikan
pada read atau readln berikutnya. Read tidak
ganti baris, masih dalam baris yang sama
READLN
Perintah readln tidak terlalu jauh berbeda dengan perintah read.
Readln membaca end of line marker. Pernyataan ini menyebabkan kelebihan data
akan dibuang (tidak diberikan ke read atau readln berikutnya). Readln
juga digunakan untuk memasukkan data perbaris, artinya setelah tombol
Enter ditekan, maka akan ganti baris, (http://dewimatkom5a.blogspot.com/2010/10/perbedaan-write-writeln-read-dan-readln.html,
2010)
14.
Buat Essay
“Pentingnya Teknologi Informatika saat ini” (minimal 1 halaman)? Teknologi
informasi serta Komunikasi dewasa ini berkembang cepat menurut deret ukur. Dari
tahun ke bulan, dari bulan ke minggu, dari minggu ke hari, dari hari ke jam,
dan dari jam ke detik! Oleh karena itulah para cerdik-cendekia sepakat pada
suatu argumen, bahwa: informasi memudahkan kehidupan manusia tanpa harus
kehilangan kehumanisannya.
Manusia tidak bisa lepas dari
pendidikan yang sebenarnya juga merupakan kegiatan informasi, bahkan dengan
pendidikanlah informasi ilmu pengetahuan dan teknologi dapat disebarluaskan
kepada generasi penerus suatu bangsa.
Pengaruh dari Teknologi
informasi dan komunikasi terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses
pembelajaran. Menurut Rosenberg (2001), dengan berkembangnya penggunaan
Teknologi informasi dan komunikasi ada lima pergeseran di dalam proses
pembelajaran yaitu:
» Pergeseran dari pelatihan ke
penampilan,
» Pergeseran dari ruang kelas ke
di mana dankapan saja,
» Pergeseran dari kertas ke “on
line” atau saluran,
» Pergeseran fasilitasfisik ke
fasilitas jaringan kerja,
» Pergeseran dari waktu siklus
ke waktu nyata.
Sebagai media pendidikan
komunikasi dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon,
komputer, internet, e-mail, dsb. Interaksi antara guru dan siswa tidak hanya
dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan
media-media tersebut.
Dengan adanya teknologi informasi
sekarang ini guru dapat memberikan layanan tanpa harus berhadapan langsung
dengan siswa. Demikian pula siswa dapat memperoleh informasi dalam lingkup yang
luas dari berbagai sumber melalui cyber space atau ruang maya dengan
menggunakan komputer atau internet. Hal yang paling mutakhir adalah
berkembangnya apa yang disebut “cyber teaching” atau pengajaran maya, yaitu
proses pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan internet. Istilah lain yang
makin poluper saat ini ialah e-learning yaitu satu model pembelajaran dengan
menggunakan media teknologi komunikasi dan informasi khususnya internet.
115. Sebut
dan jelaskan aturan-aturan dalam menuliskan perintah dalam eclips!
Adapun cara penulisan programnya adalah
No comments:
Post a Comment