Sunday, 3 November 2013

modul umum

1.     1. Jelaskan mengapa disebut dengan “Bahasa Pemrograman”?
Karena bahasanya akan diterjemahkan kedalam computer menjadi kumpulan perintah dasar juga untuk mengekspresikan instruksi. Oleh arena itu disebut dengan Bahasa Pemrograman. (Badi Almunia-2009) http://troublesome-funnyboys.blogspot.com/2009/02/bahasa-pemrograman.html

2.    2.   Sebut dan Jelaskan berbagai macam bahasa pemrograman!
Macam macam bahasa pemrograman
 Bahasa Pemrograman dibedakan menjadi 4:
1) Bahasa mesinBahasa mesin termasuk ke dalam bahasa tingkat rendah (low level language) karena sifat dari bahasa mesin lebih berorientasi pada mesin. Bahasa ini hanya akan dipahami oleh komputer itu sendiri. Bahasa ini berupa kode-kode yang terdiri dari sekumpulan angka.2) Bahasa assemblyBahasa asembly adalah bahasa pemrograman yang menggunakan bahasa rakitan. Bahasa assembly kebanyakan digunakan untuk pengendalian hardware yang diwujudkan dalam kependekan kata-kata sebagai pengganti kode-kode biner.
Bahasa tingkat tinggi memiliki arti bahwa bahasa ini lebih mudah dimengerti oleh banyak orang karena memang dirancang untuk orang yang awam.
1.  Harus disimpan berekstensi *.java
2.  Nama file harus sama dengan nama class public, misalnya nama filenya myHello.java, maka  nama  class public juga harus myHello
Contoh:
public class myHello     {
 //harus sama dengan nama file (myHello.java)
     }
3.  Comment sebaiknya sebaiknya ditulis untuk menjelaskan sebuah class atau method. Comment ditulis  untuk tujuan dokumentasi.
Contoh:
public static void main(String[]args){
//untuk menampilkan kata myfirs java
System.out.println(“Hello this is my first java”);
}
4. Java statement adalah suatu baris yang diakhiri dengan titik koma.
Contoh:
System.out.println(“Hello this is my first java”);      
5.  Block adalah satu atau beberapa statement yang berada diantara tanda kurung kurawal { dan diakhiri dengan kurung kurawal }.
Contoh:
public static void main(String[]args){
System.out.println(“Hello this is my first java”);
System.out.println(“Java is very good”);
}

3) Bahasa tingkat tinggi (high level languange)
4) Bahasa pemrograman generasi keempat
Dikembangkan dari keluarga besar bahasa tingkat tinggi untuk memudahkan pemrograman. (Muhammad anam 2013) http://12650076-si.blogspot.com/2013/03/macam-macam-bahasa-pemrograman.html

3.    3.  Jelaskan secara jelas sejarah perkembangan bahasa pemrograman (Minimal 1 halaman)
Bahasa pemrograman mulai berkembang sejak 1940. Sebelum itu pada tahun 1822 hidup seorang yang bernama Charles Babbage. Ketika dia bersekolah di Universitas Chambridge, dia melihat pada saat itu banyak terdapat berbagai macam perhitungan. Akan tetapi masih saja terjadi musibah seperti kapal tenggelam. Dari kasus ini dia mengira bahwa penyebabnya adalah keterbatasannya manusia dalam mengiplementasikan table perhitungan. Jadi dia menggunakan mesin yang diberi nama “Different Engine”, yang hanya memiliki satu tuajan yang artinya hanya bias mengeluarkan satu output sehingga dia membuat mesin lain yang bersifat multi-purpose dan diberi nama “Analytical Engine”. Dia terus mengembangkan mesinnya sampai dia meningggal. Dan diteruskan oleh anaknya. Pada tahun 1854 Charles Boole mampu menciptakan system logika simbolikyang disebut dengan Logika Boole. Pada tahun 1890 negara Amerika Serikat kesulitan dalam menyensus penduduk dikarenakan terlalu banyak jadi untuk mengatasi itu diadakan kompetisi yang dimenangkan oleh Herwan Hollerith dan akhirnya didirikan sebuah perusahaan. Pada tahun 1925 MIT berkembangakn menjadi mesin yang mampu pada tahun 1958, FORTAN II dan ALGOL dipublikasikan bersamaan dengan diluncurkan LISP. Pada tahun 1959 bahasa pemrograman COBOL diluncurkan. Sejak saat itu perkembangan bahasa pemrograman sangat cepat. Pada tahun 1970 ahasa PASCAL mulai dipublikasikan dan saat ini masih banyak digunakan untuk keperluan pendidikan. Pada tahun 1970 muncul dua bahasa pemrograman yang dapat dikatan sangat penting yaitu SMALL TALK dan B-Languange. SMALL TALK penting karena merupakan bahasa pemrograman berbasis obyek yang pertama. Sedangkan B-Languange dikatan penting karena merupakan cikal bakal munculnya bahasa C. dengan bahasa C, pemrograman akan lebih mudah, efisien dan fleksibel. Pada tahun 1975 Dr. Wong Merilis bahasa pemrograman hasil ciptaannya yaitu TinyBasic. Sedangakn pada saat yang sama Bill Gates dan Paul Allen membuat bahasa pemrograman yang diberi nama BASIC. Perkembangan bahasa pemrograman ini terus bergerak demikian pesat hingga saat ini, ditandai dengan semakin banyak bahasa pemrograman yang bermunculan. (Adrian-2009)


4.    4.  Jelaskan apa itu algoritma?
Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis. (Sriyanto, ST. MT 2013)
5
5.
             5.Struktur algoritma
       Runtunan (sequence process)
Terdiri dari satu atau lebih pernyataan
Tiap pernyataan dikerjakan secara berurutan sesuai dg urutan penulisannya
(sebuah instruksi dilaksanakan setelah instruksi sebelumnya selesai dilaksanakan
Pemilihan (selection process)
Sebuah aksi dikerjakan jika kondisi tertentu dipenuhi (True) dan apabila suatu kondisi tidak terpenuhi (false) maka program akan melakukan aksi lain (jika ada) atau langsung keluar dari blok pemilihan.
Pengulangan (Repetition Process)
Kelebihan komputer dibanding manusia adalah kemampuan untuk melaksanakan perintah berulangkali tanpa mengenal lelah dan bosan

6.      6.Sebut dan jelaskan fungsi dari algoritma?
Fungsi  Untuk membantu seseorang dalam menyelesaikan suatu masalah berdasarkan pada pola pikirnya masing-masing. (Den Wahyu 2011) http://nirvana-net.blogspot.com/2011/12/manfaat-sifat-dan-ciri-algoritma.html
7.   7 Sebut dan jelaskan metode untuk mendeskripsikan algoritma?
Penulisan algoritma
-Dalam Bahasa Natural (Bahasa Indonesia, Inggris, dan Bahasa manusia Lainnya)
Tapi terkadang membingungkan (Ambigoe)
 -Menggunakan Flowchart (Diagram Alir)
Bagus secara visual tapi repot jika algoritmanya panjang
-Menggunakan Pseudocode (Kode Semu)
Sudah lebih dekat ke pemroraman, namun sulit di mengerti bagi orang yang tidak tahu pemrograman (Sriyanto, ST. MT 2013)

8.      8. Jelaskan yang dimaksud flowchart?
Flow chart adalah suatu bagan/diagram yang menggambarkan aliran proses yang dikerjakan suatu program dari awal sampai akhir  (Sriyanto, ST. MT 2013)

99.    Sebutkan dan jelaskan simbol-simbol flowchart? (Sriyanto, ST. MT 2013)







110.  Jelaskan apa yang dimaksud pseudocode?
Pseudocode berisi langkah-langkah penyelesaian masalah yang ditulis dengan kode-kode dalam bahasa yang mudah dipahami. Bisa bahasa Inggris / bahasa Indonesia. Tidak ada notasi baku tapi sebaiknya berkorespondensi dengan bahasa pemrograman umum, supaya mudah ditranslasikan ke dalam bahasa pemrograman (sehingga disebut pseudo code ). (Sriyanto, ST. MT 2013) (E. Rizal 2012)

111.  Tuliskan algoritma program sederhana yang bertujuan untuk menghitung konversi 1 tahun 2 bulan 2 jam 30 menit 30 detik kedalam satuan detik
a.       Menggunakan deskripsi
b.      Menggunakan flowchart
c.       Menggunakan pseudocode

112.  Ada sebuah program penjualan beberapa barang beserta harganya. Kemudian user hanya ingin memasukkan jumlah barang yang dipesannya dan muncul jumlah total harga yang harus dibayar. Akan tetapi jumlah barang yang akan ddimasukkan hanya bilangan bulat dan lebih dari 0. Apabila bilangan 0 dan bilangan buka bulat dimasukkan, maka akan muncul peringatan. Buatkan flowchart dari program tersebut? 

113.  Jelaskan perbedaan dari wrie, writeln, read dan readln!
WRITE
Perintah write digunakan untuk menuliskan output, dengan posisi cursor – penunjuk aktif, terletak pada akhir output yang ditampilkan pada baris yang sama.Write tidak menambahkan CR setelah menampilkan data semua argument. Write menampilkan hasil tanpa ganti baris dan tampilan berikutnya akan disambung dalam baris yang sama.
WRITELN
Perintah writeln digunakan untuk menuliskan output, dengan posisi cursor– penunjuk aktif, terletak pada awal baris berikutnya. Writeln menambahkan CR setelah menampilkan data semua argument. Writeln digunakan untuk menampilkan tampilan perbaris, akan ganti baris untuk tampilan berikutnya.Argumen perintah writeln boleh berupa ekspresi. Contoh perintah penyajian writeln('Luas = ', luasPSP); bisa dikerjakan dengan perintah: writeln('Luas = ', panjangPSP * lebarPSP);
READ
Perintah read digunakan untuk menerima input, dengan posisi cursor – penunjuk aktif, setelah diberi input pada baris berikutnya. Read tidak membaca end of line marker. Pernyataan ini tidak akan membuang kelebihan data. Kelebihan data akan diberikan pada read atau readln berikutnya. Read tidak ganti baris, masih dalam baris yang sama
READLN
Perintah readln tidak terlalu jauh berbeda dengan perintah read. Readln membaca end of line marker. Pernyataan ini menyebabkan kelebihan data akan dibuang (tidak diberikan ke read atau readln berikutnya). Readln juga digunakan untuk memasukkan data perbaris, artinya setelah tombol Enter ditekan, maka akan ganti baris, (http://dewimatkom5a.blogspot.com/2010/10/perbedaan-write-writeln-read-dan-readln.html, 2010)

14.        Buat Essay “Pentingnya Teknologi Informatika saat ini” (minimal 1 halaman)? Teknologi informasi serta Komunikasi dewasa ini berkembang cepat menurut deret ukur. Dari tahun ke bulan, dari bulan ke minggu, dari minggu ke hari, dari hari ke jam, dan dari jam ke detik! Oleh karena itulah para cerdik-cendekia sepakat pada suatu argumen, bahwa: informasi memudahkan kehidupan manusia tanpa harus kehilangan kehumanisannya.
Manusia tidak bisa lepas dari pendidikan yang sebenarnya juga merupakan kegiatan informasi, bahkan dengan pendidikanlah informasi ilmu pengetahuan dan teknologi dapat disebarluaskan kepada generasi penerus suatu bangsa.
Pengaruh dari Teknologi informasi dan komunikasi terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Menurut Rosenberg (2001), dengan berkembangnya penggunaan Teknologi informasi dan komunikasi ada lima pergeseran di dalam proses pembelajaran yaitu:
» Pergeseran dari pelatihan ke penampilan,
» Pergeseran dari ruang kelas ke di mana dankapan saja,
» Pergeseran dari kertas ke “on line” atau saluran,
» Pergeseran fasilitasfisik ke fasilitas jaringan kerja,
» Pergeseran dari waktu siklus ke waktu nyata.
Sebagai media pendidikan komunikasi dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail, dsb. Interaksi antara guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut.
Dengan adanya teknologi informasi sekarang ini guru dapat memberikan layanan tanpa harus berhadapan langsung dengan siswa. Demikian pula siswa dapat memperoleh informasi dalam lingkup yang luas dari berbagai sumber melalui cyber space atau ruang maya dengan menggunakan komputer atau internet. Hal yang paling mutakhir adalah berkembangnya apa yang disebut “cyber teaching” atau pengajaran maya, yaitu proses pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan internet. Istilah lain yang makin poluper saat ini ialah e-learning yaitu satu model pembelajaran dengan menggunakan media teknologi komunikasi dan informasi khususnya internet.


115.  Sebut dan jelaskan aturan-aturan dalam menuliskan perintah dalam eclips!
Adapun cara penulisan programnya adalah

No comments:

Post a Comment