TUGAS PENDAHULUAN
PRAKTIKUM TEKOLOGI INFORMATIKA
BAHASA PEMOGRAMAN
Disusun
Oleh:
1. Uli
Arta Tindaon (21070113120016)
2. Muhammad
Ihsan Hidayat (21070113120040)
3. Farah
Azaria Kirana (21070113140108)
PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS TEKNIK UNVIERSITAS DIPONEGORO
SEMARANG
2013
KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan kepada
Tuhan Yang Maha Esa, karena atas nikmat dan karunianya kami, kelompok 14 dapat
mengerjakan tugas pendahuluan teknologi informatika ini. Dalam makalah ini kami
akan membahas “Sejarah, penggunaan dan manfaat bahasa pemrograman”. Semoga
saudara pembaca dapat menilai hasil dari kerja kelompok kami.
Makalah ini tidak begitu saja
selesai, dengan bantuan dari teman-teman dan tentunya google, kami dapat
menyelesaikannya dengan sebaik-baiknya. Terima kasih kami ucapkan atas bantuan
dari teman-teman dan google itu sendiri.
Walau makalah ini telah rampung dan
selesai, namun tidak tertutup kemungkinan bahwa makalah ini mengandung banyak
kesalahan. Untuk itu, sekiranya saudara melihat kesalahan itu kami harap agar
dikoreksi dan dimaklumi karena kurangnya waktu pengerjaan. Kritik konstruktif
saudara atas makalah kami, kami terima
selama dalam batas kesopanan dan etika yang berlaku.
Akhir kata, semoga makalah ini dapat
bermanfaat dan dapat menjadi sumber referensi bagi orang yang membutuhkannya.
Semarang, 2 November 2013-11-02
Penulis
ABSTRAK
Bahasa
pemrograman erat kaitannya dengan aplikasi dan sistem yang berjalan pada suatu
software, atau bisa dibilang, Bahasa Pemrograman ini merupakan penyusun dari
software-software tertentu dimana memiliki berbagai macam fungsi dan perintah
yang ditentukan suatu bahasa spesifik itu sendiri namun terstruktur seperti
pada Algoritma Pemrograman yang menjadi acuan dalam menyusun suatu program.
Bahasa
itu sendiri banyak sekali macamnya, mulai dari low level, mid level dan high
level languange. Dimana Low level adalah bahasa mesin yang berinput 0/1 dan
sulit dipahami oleh manusia seperti Cobol. Mid level seperti Fortran. Dan High
level yang lebih mudah dipahami oleh manusia seperti Java, C++. Dapat
digarisbawahi bahwa makin tinggi bahasa tersebut, maka compiler nya memerlukan
translator untuk mengubah bahasa manusia menjadi dimengerti oleh bahasa mesin
yang intrik hanya berupa bilangan 0 dan 1.
Manfaat
bahasa pemrograman itu sendiri ialah, bahasa inilah yang menciptakan berbagai
macam software yang selama ini kita gunakan. Pada dasarnya, semua sistem yang
ditampilkan pada output sebuah PC, Laptop atau Server menggunakan sistem
operasi yang dirancang dengan bahasa tertentu. Jadi jelaslah bahwa bahasa
pemrograman diciptakan untuk menjembatani antara brainware dengan hardware agar
menciptakan suatu output yang jelas. Tanpa bahasa pemrograman itu sendiri
hardware tidak bisa diakses oleh manusia dan hanya menjadi seonggok papan pcb
yang tak berguna.
Software itu sendiri
banyak sekali kegunaannya, seperti untuk pengetikan, CAD, CAM, Design grafis,
Editing, Database management, Network Management sampai pada sistem kontrol
suatu instrumen khusus seperti satelit, ECU pada mobil, dan proses manufaktur.
DAFTAR ISI
COVER ……………………………………………………………………………………..….
KATA PENGANTAR ……..…………………………………………………………………..
i
ABSTRAK ………………….…………………………………………………………………
ii
DAFTAR ISI ………………………………………………………………………………….
iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
………………………………………………………………………….…. 1
1.2 Rumusan Masalah
……………………………………………………………………….… 3
1.3 Tujuan ……………………………………………………………………...………….…..
3
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Bahasa Pemrograman
………………………………………….....……….……. 4
2.2 Jenis-jenis Bahasa Pemrograman
…………………………………………….……….……. 4
2.3 Manfaat Bahasa Pemrograman
……………………………………………….……….….... 8
2.4 Kelebihan dan Kekurangan Bahasa
Pemrograman Pascal, C++ dan Java ……...……….…... 8
2.4.1
Kelebihan dan Kekurangan Pascal ……………………………………………….….. 8
2.4.2
Kelebihan dan Kekurangan C++ ………………………………………………..…… 9
2.4.3
Kelebihan dan Kekurangan Java ……………………………………………….….… 9
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan
…………………………………………………………………………....…. 11
3.2 Saran ………………………………………………………………………………..……
11
DAFTAR PUSTAKA
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pada mulanya bahasa computer digunakan untuk membantu
dalam melakukan perhitungan-perhitungan telemetri. Ketika itu, bahasa yang
digunakan primitif sekali karena masih berupa bahasa mesin yang hanya mengenal
angka 1 sampai 0. Kemudian bahasa mesin tersebut disederhanakan menjadi bahasa
yang lebih mudah dipahami dengan menghadirkan pernyataan pernyataan khusus yang
disebut dengan istilah mnemonic seperti
ADD, MOV, JMP. Bahasa ini disebut dengan bahasa assembly yang masih termasuk
kedalam bahasa tingkat rendah.
Tahun 1969,
laboratories Bell AT&T di Muray Hill, New Jersey menggunakan bahasa
assembly ini untuuk mengembangkan sistem
operasi UNIX. Maksudnya adalah untuk membuat sistem operasi yang dapat
bersifat ‘programmer-friendly’. Setelah
UNIX berjalan, Ken Thompson, seorang pengembang sistem dilaboratorium tersebut
mengembangkan bahasa baru dengan nama bahasa B. Huruf B ini diambil dari BCPL.
Bahasa B ini kemudian digunakan untuk menulis ulang atau merevisi system
operasi UNIX. Oleh karena bahasa B ini masih bersifat interpret dan lambat,
maka pada tahun 1971, system operasi UNIX kemudian ditulis ulang dengan
menggunakan bahasa C.
Sampai sekarang bahasa
C masih digunakan untuk melakukan pengembangan-pengembangan program dan
sitem-sistem operasi, diantaranya system operasi Windows.Alasan itulah yang
menjadikan bahasa C sangat popular di dunia pemrograman, khususnya untuk
industry perangkat lunak. Namun sayangnya bahasa C menggunakan bahasa yang tergolong masih susah
karena bersifat procedural murni. Untuk membentuk suatu objek , kita harus
melakukan banyak sekali penulisan kode. Hal ini tentu melakukan banyak sekali
penulisan kode. Hal ini tentu dapat dikatakan sebagai sebuah kelemahan. Untuk
mengatasi masalah ini, pada tahun 1983, seorang doctor bernama Bjarne
Stroustrup yang juga bekerja di laboratorium yang sama menciptakan bahasa baru
yaitu bahasa C++ yang merupakan bahasa hybrid
bahasa C.
Bahasa C++ didasarkan
atas bahasa C sehingga kita dapat melakukan kompilasi program-program yang ditulis dalam bahasa C dengan
menggunakan komplier C++. Keistimewaan dari bahasa C++ adalah karena bahasa ini
mendukung pemrograman berarah objek atau yang lebih sering dikenalkan dengan
istilah Objected Oriented Programming
(OOP).
Pada 1991, sekelompok insinyur Sun
dipimpin oleh Patrick Naughton dan James
Gosling ingin merancang bahasa komputer untuk perangkat konsumen seperti cable TV Box. Karena perangkat
tersebut tidak memiliki banyak memori, bahasa harus berukuran kecil dan
mengandung kode yang liat. Juga karena manufaktur – manufaktur berbeda memilih processor
yang berbeda pula, maka bahasa harus bebas dari manufaktur manapun. Proyek
diberi nama kode ”Green”.
Kebutuhan untuk
fleksibilitas, kecil, liat dan kode yang netral terhadap platform mengantar
tim mempelajari implementasi Pascal yang pernah dicoba. Niklaus Wirth, pencipta
bahasa Pascal telah merancang bahasa portabel yang menghasilkan intermediate
code untuk mesin hipotesis. Mesin ini sering disebut dengan mesin maya (virtual
machine). Kode ini kemudian dapat digunakan di sembarang mesin yang
memiliki interpreter. Proyek Green menggunakan mesin maya untuk
mengatasi isu utama tentang netral terhadap arsitektur mesin.
Karena orang – orang di proyek Green berbasis C++ dan bukan
Pascal maka kebanyakan sintaks diambil dari C++, serta mengadopsi orientasi
objek dan bukan prosedural. Mulanya bahasa yang diciptakan diberi nama ”Oak”
oleh James Gosling yang mendapat inspirasi dari sebuah pohon yang berada pada
seberang kantornya, namun dikarenakan nama Oak sendiri merupakan nama bahasa
pemrograman yang telah ada sebelumnya, kemudian SUN menggantinya dengan JAVA.
Nama JAVA sendiri terinspirasi pada saat mereka sedang menikmati secangkir kopi
di sebuah kedai kopi yang kemudian dengan tidak sengaja salah satu dari mereka
menyebutkan kata JAVA yang mengandung arti asal bijih kopi. Akhirnya mereka
sepakat untuk memberikan nama bahasa pemrograman tersebut dengan nama Java. Produk
pertama proyek Green adalah Star 7 (*7), sebuah kendali jarak jauh yang sangat
cerdas. Dikarenakan pasar masih belum tertarik dengan produk konsumer cerdas
maka proyek Green harus menemukan pasar lain dari teknologi yang diciptakan.
Pada saat yang sama, implementasi WWW dan Internet sedang mengalami
perkembangan pesat. Di lain pihak, anggota dari proyek Green juga menyadari
bahwa Java dapat digunakan pada pemrograman internet, sehingga penerapan
selanjutnya mengarah menjadi teknologi yang berperan di web.
Java telah mengakomodasi hampir seluruh fitur penting bahasa
– bahasa pemrograman yang ada semenjak perkembangan komputasi modern manusia :
1.
Dari SIMULA, bahasa pada tahun 65-an, bahasa yang paling mempengaruhi Java
sekaligus C++. Dari bahasa ini diadopsi bentukan – bentukan dasar dari
pemrograman berorientasi objek.
2.
Dari LISP – bahasa tahun 55-an. Diadopsi fasilitas garbage collection, serta
kemampuan untuk meniru generic list processing, meski fasilitas ini
jarang yang memanfaatkannya.
3.
Dari Algol – bahasa pada tahun 60-an, diambil struktur kendali yang
dimilikinya.
4.
Dari
C++, diadopsi sintaks, sebagian semantiks dan exception handling
5.
Dari bahasa Ada, diambil strongly type, dan exception handling.
6.
Dari Objective C, diambil fasilitas interface.
7.
Dari bahasa SmallTalk, diambil pendekatan single-root class hiérarchie, dimana
objek adalah satu kesatuan hirarki pewarisan
8.
Dari bahasa Eiffel, fasilitas assertion yang mulai diterapkan di
sebagian JDK 1.4
1.2 Rumusan Masalah
1. Apa itu bahasa pemrograman?
2. Apa saja jenis-jenis bahasa pemrograman?
3. Apa saja manfaat bahasa pemrograman?
4. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari bahasa pemrograman pascal, C++, dan
java?
1.3 Tujuan
1. Memahami bahasa pemrograman
2. Mengetahui apa saja
jenis-jenisnya
3. Mengetahui apa saja manfaat dari
bahasa pemrograman
4. Mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari
bahasa
Pemrograman
pascal, C++, dan java
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1
Pengertian Bahasa Pemrograman
Bahasa komputer atau yang lebih dikenal dengan nama bahasa pemrograman(programming language) merupakan software yang
digunakan untuk membuat suatu program komputer. Bahasa Pemrograman adalah
bahasa yang digunakan untuk memprogram komputer, yang dibagi menjadi tiga level
bahasa yaitu bahasa tingkat rendah (low level language), bahasa tingkat
menengah (Middle level language) dan bahasa tingkat tinggi (high
level language).
2.2
Jenis-Jenis Bahasa Pemrograman
1.
Bahasa pemrograman
C (kategori tingkat tinggi)
Dibuat untuk memprogram sistem dan
jaringan komputer namun bahasa ini juga sering digunakan dalam mengembangkan
software aplikasi. C juga banyak dipakai oleh berbagai jenis platform sistem
operasi dan arsitektur komputer, bahkan terdapat beberepa compiler yang sangat
populer telah tersedi.
2.
Bahasa pemograman JAVA
(kategori tingkat tinggi)
Java adalah bahasa
pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon
genggam. Java tidak boleh disalahpahami sebagai JavaScript. JavaScript
adalah bahasa scripting yang digunakan oleh web browser.
3.
Bahasa pemograman PYTHON
Python adalah bahasa
pemrograman dinamis yang mendukung pemrograman berorientasi obyek.
Python dapat digunakan untuk berbagai keperluan pengembangan perangkat lunak
dan dapat berjalan di berbagai platform sistem operasi.
4.
Bahasa pemograman RUBY
Ruby adalah bahasa
skripting yang berorientasi obyek. Tujuan dari ruby adalah menggabungkan kelebihan
dari semua bahasa-bahasa pemrograman scripting yang ada di dunia. Ruby ditulis
dengan bahasa pemrograman C dengan kemampuan dasar
sepertiPerl dan Python.
5.
Bahasa pemograman SQL (kategori tingkat tinggi)
SQL (Structured Query Language)
adalah sebuah bahasa yang dipergunakan untuk mengakses data dalam basis
data relasional. Bahasa ini secara de facto merupakan
bahasa standar yang digunakan dalam manajemen basis data relasional. Saat ini
hampir semua server basis data yang ada mendukung bahasa ini untuk
melakukan manajemen datanya.
6.
Bahasa pemograman ColdFusion
ColdFusion adalah server
aplikasi dan framework pengembangan perangkat
lunak yang digunakan untuk pengembangkan perangkat lunak komputer,
khususnya situs webdinamis.
7.
Bahasa pemograman PHP (kategori tingkat tinggi)
PHP adalah bahasa pemrograman script
yang paling banyak dipakai saat ini. PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus
Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form
Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk
mengolah data form dari web.
8.
Bahasa pemograman HTML (kategori
tingkat tinggi)
HyperText Markup Language (HTML)
adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan
menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet.
9.
Bahasa pemograman COBOL
COBOL (singkatan dari Common Business Oriented Language)
adalah sebuah bahasa pemrograman generasi ketiga. Sesuai dengan
namanya, maka bahasa COBOL mempunyai fungsi menyelesaikan masalah-masalah yang
berhubungan dengan perdagangan, seperti sistem pengelolaan keuangan, laporan
pengeluaran sebuah perusahaan dan lain-lain.
10.
Bahasa
pemograman MICROSOFT VISUAL BASIC (kategori tingkat tinggi)
Visual Basic (sering disingkat
sebagai VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang
menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual
untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem
operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM),
Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan
pengembangan perangkat lunak komputerberbasis grafik dengan
cepat.
11.
Bahasa pemograman VISUAL C++
(kategori tingkat tinggi)
Visual C++ adalah sebuah
produk Integrated Development Environment (IDE) untukbahasa
pemrograman C dan C++ yang dikembangkan Microsoft.
Visual C++ merupakan salah satu bagian dari paket Microsoft Visual
Studio.
12.
Bahasa pemograman
DELPHI (kategori tingkat tinggi)
Umumnya delphi lebih banyak
digunakan untuk pengembangan
aplikasi desktop danenterprise berbasis database, tapi
sebagai perangkat pengembangan yang bersifat general-purpose ia juga mampu dan
digunakan dalam berbagai jenis proyek pengembangan software.
13.
Bahasa pemograman C++
(kategori tingkat tinggi)
C++ merupakan bahasa pemrograman
yang memiliki sifat Pemrograman berorientasi objek, Untuk menyelesaikan
masalah, C++ melakukan langkah pertama dengan menjelaskan class-class yang
merupakan anak class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari
object-object fisik, Class tersebut berisi keadaan object, anggota-anggotanya
dan kemampuan dari objectnya, Setelah beberapa Class dibuat kemudian masalah
dipecahkan dengan Class.
14.
Bahasa Pemrograman ASP
ASP adalah singkatan dari Active
Server Pages yang merupakan salah satu bahasa pemograman web untuk menciptakan
halaman web yang dinamis.
ASP merupakan salah satu produk
teknologi yang disediakan oleh Microsoft.
ASP bekerja pada web server dan
merupakan server side scripting.
15. Bahasa Pemrograman XML
Extensible
Markup Language (XML) adalah bahasa markup serbaguna yang direkomendasikan W3C
untuk mendeskripsikan berbagai macam data.
XML menggunakan markup tags seperti halnya
HTML namun penggunaannya
tidak terbatas pada tampilan halaman
web saja. XML merupakan suatu metode
dalam membuat penanda/markup pada
sebuah dokumen.
16. Bahasa Pemrograman WML
WML adalah
kepanjangan dari Wireless Markup Language, yaitu bahasa pemrograman yang
digunakan dalam aplikasi berbasis XML (eXtensible Markup Langauge). WML ini
adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi wireless. WML
merupakan analogi dari HTML yang berjalan pada protocol nirkabel.
17.
Bahasa Pemrograman PERL
Perl adalah
bahasa pemrograman untuk mesin dengan sistem operasi Unix (SunOS, Linux, BSD,
HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS,
VMS, EBCDIC, dan PocketPC. PERL
merupakan bahasa pemograman yang mirip bahasa pemograman C.
18. Bahasa Pemrograman CFM
Cfm dibuat
menggunakan tag ColdFusion dengan software Adobe ColdFusion / BlueDragon /
Coldfusion Studio. Syntax
coldfusion berbasis html.
19. Bahasa Pemrograman Javascript (kategori tingkat tinggi)
Javascript
adalah bahasa scripting yang handal yang berjalan pada sisi client.
JavaScript merupakan sebuah bahasa scripting
yang dikembangkan oleh
Netscape. Untuk
menjalankan script yang ditulis dengan JavaScript kita
membutuhkan JavaScript-enabled browser
yaitu browser yang mampu
menjalankan JavaScript.
20. Bahasa Pemrograman CSS
Cascading
Style Sheets (CSS) adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur
tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup. Penggunaan
yang paling umum dari CSS adalah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan
HTML dan XHTML. Walaupun demikian, bahasanya sendiri dapat dipergunakan untuk
semua jenis dokumen XML termasuk SVG dan XUL. Spesifikasi
CSS diatur oleh World Wide Web Consortium (W3C).
2.3
Manfaat Bahasa Pemrograman
Fungsinya adalah menyuruh komputer untuk mengolah
data sesuai dengan alur berpikir yang kita inginkan. Keluaran dari bahasa
pemrograman adalah berupa program/aplikasi. Contohnya adalah program yang
digunakan oleh kasir di mal-mal atau swalayan.
2.4 Kelebihan dan Kekurangan Bahasa Pemrograman
Pascal, C++, dan Java
2.4.1 Pascal
Kelebihan
:
·
Tipe Data Standar, tipe-tipe data standar
yang telah tersedia pada kebanyakan bahasa pemrograman. Pascal memiliki tipe
data standar: boolean, integer, real, char, string,
·
User defined Data Types, programmer dapat
membuat tipe data lain yang diturunkan dari tipe data standar.
·
Strongly-typed, programmer harus
menentukan tipe data dari suatu variabel, dan variabel tersebut tidak dapat
dipergunakan untuk menyimpan tipe data selain dari format yang ditentukan.
·
Terstruktur, memiliki sintaks yang
memungkinkan penulisan program dipecah menjadi fungsi-fungsi kecil (procedure
dan function) yang dapat dipergunakan berulang-ulang.
·
Sederhana dan Ekspresif, memiliki struktur
yang sederhana dan sangat mendekati bahasa manusia (bahasa Inggris) sehingga
mudah dipelajari dan dipahami.
Kelemahan
:
·
Tidak fleksibel penggunaannya.
·
Bahasa PASCAL juga merupakan bahasa yang
digunakan sebagai standar bahasa pemrograman bagi tim nasional Olimpiade
Komputer Indonesia (TOKI). Selain itu, Bahasa PASCAL masih digunakan dalam IOI
(International Olympiad in Informatics).
2.4.2 Bahasa C++
Kelebihan :
·
Bahasa yang sederhana. Banyak hal yang
mungkin sulit dilakukan jika kita menggunakan bahasa pemrograman lainnya, akan
dapat dilakukan dengan mudah dengan menggunakan Visual basic.
·
Karena Visual basic sangat populer, maka
sangat banyak sumber-sumber yang dapat kita gunakan untuk belajar dan
mengembangkan kemampuan kau baik berupa buku, web site dll.
·
Kita bisa memperoleh banyak tools baik gratis
maupun tidak di Internet yang akan sangat membantu menghemat waktu kita dalam
pemrograman.
Kelemahan :
·
Visual Basic adalah bahasa pemrograman yang
powerful, tetapi sebenarnya tidak terlalu bagus untuk membuat game-game yang
benar-benar memuaskan.
·
Lebih lambat dibandingkan bahasa pemrograman
lain.
2.4.3 Java
Kelebihan
:
·
Sederhana dan ampuh, java menyediakan sarana
untuk membuat program (applet) yang berjalan pada web browser. Programmer dapat
menggunakan applet kecil yang aman, dinamik, lintas platform, aktif dan siap
dijalankan di jaringan.
·
Aman, java dirancang dengan konsep keamanan
internet.
·
Berorientasi objek, java tidak diturunkan
bahasa pemrogaman manapun. Java memiliki keseimbangan yang menyediakan
mekanisme peng-class-an sederhana dengan model antarmuka dinamik yang intuitif
hanya jika diperlukan.
·
Kokoh, java membatasi programmer dengan
memberi kunci supaya progamer dapat menemukan kesalahan lebih cepat saat
mengembangkan program.
·
Interaktif, java dirancang untuk menciptakan
program jaringan yang interaktif.
·
Netral terhadap berbagai arsitektur, java
mampu berjalan dalam platform apapun seperti PC, UNIX, Macintosh, dll.
·
Terinterpretasi dan berkinerja tinggi, java
melengkapi keajaiban lintas platform yang luar biasa dengan kompilasi ke dalam
representasi langsung yang disebut java code byte yang dapat diterjemahkan oleh
system apapun yang memiliki java interpreter dan java virtual machine.
·
Mudah dipelajari karena bersifat sederhana.
·
Mendukung koneksi ke database.
Kelemahan :
·
Java memiliki kecepatan yang kurang dari
bahasa C ++.
·
Implementasi J2ME tidak global. Misalnya,
J2ME untuk Motorola dengan J2ME untuk Sony Ericson tidak sama. Berbeda lagi
J2ME untuk Nokia. Setiap produk selalu mempunyai modul tersendiri yang dinilai
aneh penerapannya dan harus di-compile dengan modul yang berbeda-beda.
·
Java memakan banyak memori computer.
·
Java merupakan bahasa yang kompleks dan susah
dipelajari.
·
Program yang dibuat oleh bahasa ini lebih
lambat disbanding program yang dibuat dengan bahasa lain seperti C atau C++.
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Pada
dasarnya, bahasa pemrograman itu sendiri meliputi 3 macam, yaitu Low level, Mid
level dan High level dimana kegunaannya masing-masing ditentukan oleh jenis
koneksinya terhadap hardware dan pembuatan software. Dalam hal ini bahasa yang
sering digunakan ialah High level karena kemudahan dalam mengerti bahasa
tersebut. Setiap bahasa pemrograman mempunyai fleksibilitas yang berbeda dan
perintah yang berbeda namun tetap mengacu kepada Algoritma pemrograman sebagai
basis dari menulis pemrograman itu sendiri.
3.2
Saran
Dalam
menggunakan bahasa pemrograman, ada baiknya kita mempertimbangkan hal-hal
seperti berikut : Fleksibilitas, kompabilitas, efektifitas, system yang akan
dinaungi oleh program yang akan dibuat. Melihat hal-hal diatas, kami
menyarankan untuk menggunakan High level program seperti C++ dan Java karena
lebih mudah dimengerti dan compilernya banyak digunakan dalam pelbagai macam
platform.
Pengguna
disarankan untuk memahami Algoritma terlebih dahulu sebagai dasar struktur
suatu bahasa, selanjutnya pengguna harus mensubstitusi bahasa pemrograman yang
dipakai kedalam sebuah Algoritma yang telah terstruktur.
DAFTAR
PUSTAKA
Taufik, Umar 2009. Pengertian
Bahasa Pemrograman, (Online), (http://umartaufik.blogspot.com/2009/12/apakah-yang-disebut-bahasa-pemrograman.html, diakses 2009).
Anam, Muhammad 2013. Macam-macam Pemrograman, (Online), ( http://12650076-si.blogspot.com/2013/03/macam-macam-bahasa-pemrograman.html, diakses 2013).
Den, Wahyu 2011. Jenis-
jenis Bahasa Pemrograman, (Online), (http://nirvana-net.blogspot.com/2011/12/manfaat-sifat-dan-ciri-algoritma.html, diakses 2011).
Raharjo, Budi 2006. Pemrograman C++, PT Informatika, Bandung
No comments:
Post a Comment